bulat.co.id -MEDAN I Sejak diuji coba pada tanggal 5 September 2024, layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan telah digunakan sebanyak 1.694 penumpang.
Angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan antusiasme pelanggan Kereta Api (KA) di wilayah Sumatera Utara yang merasakan manfaat dari kecanggihan layanan Face Recognition Boarding Gate.
Pada hari ini, Sabtu (14/9) Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa bersama Kepala KAI Divre I Sumut, Moh Arie Fathurrohman meresmikan secara simbolis layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan dengan pemotongan pita.
Layanan ini merupakan yang pertama di stasiun wilayah Pulau Sumatera.
Dengan teknologi Face Recognition, pelanggan tidak perlu lagi repot membawa tiket fisik atau menunjukkan identitas. Cukup dengan verifikasi wajah, proses boarding menjadi lebih cepat, efisien, dan tentu saja aman.
"Inovasi ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk selalu berada digaris depan dalam menghadirkan pelayanan prima. Penerapan layanan Face Recognition Boarding Gate ini bukan hanya sekadar langkah penggunaan teknologi, tetapi juga bagian dari strategi besar KAI untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Dengan adanya sistem ini, kita mengurangi waktu tunggu, mempercepat proses layanan, sekaligus meningkatkan tingkat keamanan di stasiun," ucap Hadis.
Proses registrasi dapat dilakukan di Stasiun Medan yang akan dipandu oleh petugas secara gratis.
Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.
Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI.
Libur Panjang Maulid Nabi, Penumpang Diprediksi KA Naik 11%
Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, penumpang KA diprediksi naik 11% atau 3.600 penumpang.
Selama libur panjang Maulid Nabi secara total disediakan sebanyak 33 ribu tempat duduk ke berbagai tujuan, antara lain ke Stasiun Rantau Prapat, Kisaran, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, dan Siantar.
Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa KA pada momen libur panjang Maulid Nabi untuk dapat merencanakan tanggal keberangkatan dan melakukan pemesanan jauh-jauh hari melalui aplikasi Access by KAI atau chanel penjualan tiket resmi lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.