Wujudkan Program Makan Siang Gratis, Prabowo Akan Batasi Subsidi BBM dan Elpiji

Andy Liany - Sabtu, 17 Februari 2024 08:00 WIB
Wujudkan Program Makan Siang Gratis, Prabowo Akan Batasi Subsidi BBM dan Elpiji
net
Prabowo Gibran saat deklarasi kemenangan versi quick count.
bulat.co.id - Kubu 02 menjawab sumber dana perihal program makan siang gratis Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Menurut Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Eddy Soeparno, dana makan siang gratis tersebut diambil dari subsidi BBM dan Elpiji.

Demi mewujudkan program makan siang gratis tersebut, Prabowo akan membatasi alokasi subsidi energi, termasuk BBM dan gas Elpiji.

Prabowo juga akan mengevaluasi pemberian subsidi energi kepada masyarakat yang saat ini justru dinikmati kalangan mampu.

Pembatasan subsidi akan dilakukan lebih tepat sasaran dan tertuju bagi mereka yang berhak menerimanya, seperti masyarakat miskin, UMKM.

"Yang saya katakan secara keseluruhan adalah subsidi yang tidak tepat sasaran akan dievaluasi dan penghematannya dapat dialokasikan untuk pembiayaan program APBN lainnya. Saya tidak pernah mengatakan bahwa subsidi BBM bakal dipangkas, tapi penyaluran subsidi energi perlu dievaluasi agar lebih tepat sasaran," ujarnya melansir bisnis.com, Sabtu (17/2/2024).

Sekedar informasi, besaran anggaran makan siang gratis diprediksi mencapai Rp400 triliun.


Anggaran itu lebih tinggi Rp52,4 triliun dibandingkan dengan kebutuhan pembiayaan APBN 2023 untuk subsidi sebesar Rp347,6 triliun.

Anggaran subsidi energi pada APBN 2024 justru berkurang drastis menjadi Rp189,1 triliun.

Sementara bila membandingkan dengan target penerimaan pajak dalam APBN 2024 senilai Rp1.988 triliun, maka anggaran makan siang gratis hampir setara 25% dari target penerimaan pajak di akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Penulis
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru