Presiden Jokowi Akan Beri Intensif Rp15 Miliar Bagi Pemda yang Berhasil Jaga Tingkat Inflasi

- Kamis, 09 Februari 2023 20:55 WIB
Presiden Jokowi Akan Beri Intensif Rp15 Miliar Bagi Pemda yang Berhasil Jaga Tingkat Inflasi
Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

bulat.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah daerah (Pemda) akan diberi insentif hingga Rp15 miliar jika berhasil menjaga tingkat inflasi.

Ia menuturkan pemda harus berkompetisi dalam menjaga inflasi di daerah masing-masing. Untuk itu, Jokowi selalu membuka data inflasi di setiap daerah serta mengecek di mana yang paling rendah dan di mana yang masih tinggi.

"Kalau yang inflasinya bagus diberi insentif dari Kementerian Keuangan, seingat saya Rp15 miliar," ucapnya di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).


Baca Juga: Pena Emas PWI untuk Edy Rahmayadi Diapresiasi Positif


Sementara, untuk daerah yang inflasinya masih tinggi, Jokowi belum menerapkan sanksi apapun. Namun, menurutnya jika daerah tertentu inflasinya masih tinggi bahkan mencapai 9 persen, tentu Pemda yang bersangkutan pasti merasa malu sendiri.

"Paling tidak dibuka secara transparan (data inflasinya), itu juga sudah malu," katanya, dilansir dari CNN Indonesia.

Dalam beberapa waktu terakhir mantan wali kota Solo itu sering mengingatkan Pemda untuk memperhatikan tingkat inflasi di wilayah masing-masing supaya tidak terjadi lonjakan. Hal itu penting dilakukan mengingat ketidakpastian ekonomi global.

"Pemerintah daerah, gubernur, walikota, saya minta perhatikan dari waktu ke waktu, dari jam ke jam, pergerakan angka inflasi di daerah masing-masing. Ini penting sekali. Ini momok semua negara," ujarnya dalam Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah 2023 pada akhir 2022 lalu.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru