Pagelaran PON Diharapkan Bisa Jaga Harga Kebutuhan Pangan dari Tekanan

Dedi S - Rabu, 11 September 2024 12:30 WIB
Pagelaran PON Diharapkan Bisa Jaga Harga Kebutuhan Pangan dari Tekanan
Int
Ilustrasi harga kebutuhan pokok di Sumut
bulat.co.id -MEDAN I Berita hari ini menunjukkan bahwa sejumlah kebutuhan pangan strategis bergerak stabil cenderung naik pada awal pekan ini.

Harga cabai merah sempat menyentuh angka 15 ribu per Kg, namun saat ini harga tersebut berada pada rentang 18 hingga 25 ribu per kg. Harga cabai rawit pun naik dari 45 ribu menjadi 50 ribu per Kg.

Meskipun sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga, masih ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan, seperti harga daging ayam yang dijual dalam rentang 24 hingga 29 ribu di kota Medan dan telur ayam yang stabil dalam rentang 1.600 hingga 2.000 per butir.

Aceh dan Sumatera Utara saat ini menjadi tuan rumah PON.

Dalam hal ini, pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, berharap bahwa selama PON berlangsung, harga sejumlah kebutuhan masyarakat bisa terjaga stabil dan bahkan bisa mendorong kenaikan harga komoditas yang dijual di bawah HPP, seperti cabai merah, bawang merah, dan daging ayam.

Dari hasil observasi, peternak ayam telah mengantisipasi kebutuhan yang meningkat selama PON berlangsung, seperti pasokan ayam potong yang meningkat hampir 100% dibandingkan dengan kebutuhan normal.

Namun, tidak semua produsen melakukan hal yang sama, karena produksi beberapa komoditas pangan sulit untuk direncanakan.

Selama PON berlangsung, supply cabai tengah mengalami peningkatan yang mengakibatkan harga cabai merah turun tajam.

Meski begitu, PON bisa mendongkrak sisi permintaan yang nantinya bisa menjadi bumper bagi komoditas pangan untuk tidak turun lebih dalam.

Meskipun banyak pedagang yang menyatakan bahwa PON tidak memberikan pengaruh yang signifikan, Gunawan berpendapat bahwa PON tetap mendorong peningkatan konsumsi yang tercermin dari gerak harga pangan yang relatif mampu berbalik arah saat PON berlangsung.

Tekanan harga cabai merah relatif mampu ditahan dengan adanya PON untuk tidak turun di bawah 15 ribu per Kg, ditambah ada sedikit kenaikan permintaan sekitar 5% cabai merah di pedagang besar.

Sementara harga daging ayam, yang sejauh ini masih dapat dipenuhi oleh pasokan yang banyak, sulit untuk naik dan masih dapat dipertahankan pada level yang sama dengan yaitu 15 ribu per Kg.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru