Kopi Mandailing Makin Mendunia, Berkat Sentuhan Wakil Bupati Madina

Dedi S - Kamis, 01 Agustus 2024 10:00 WIB
Kopi Mandailing Makin Mendunia, Berkat Sentuhan Wakil Bupati Madina
Antara
Petani kopi di Mandailing Natal, saat ini kopi Mandailing sudah mulai menunjukan taringnya di nasional dan internasional
bulat.co.id -MADINA I Kopi Mandailing semakin menunjukkan taringnya di kancah nasional bahkan internasional.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya promosi dan fasilitasi yang dilakukan oleh Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), Atika Azmi Utammi Nasution.

Idris Sandi Matondang, pengurus Koperasi Mandaliling Jaya, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan penuh yang diberikan Wabup.

"Berkat program-program yang dicanangkan, permintaan terhadap kopi Mandailing terus meningkat. Setiap bulan, kami rutin mengirimkan hasil panen ke berbagai kafe dan roaster di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, dan bahkan hingga ke luar negeri," ujarnya.

Kopi Arabika Mandailing memang memiliki keunikan rasa yang khas dan kualitas yang diakui dunia.

Hal ini membuat harganya cukup tinggi di pasaran, berkisar antara Rp 115.000 hingga Rp 125.000 per kilogram untuk biji kopi hijau (green bean) kualitas terbaik.

Bahkan, jika diolah menjadi bubuk kopi, harganya bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 350.000 per kilogram di pasaran lokal.

"Harga yang stabil dan permintaan yang terus meningkat tentu sangat menggembirakan bagi para petani. Ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya," tambah Idris.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru