Jelang Idul Adha, Pemkab Sergai Tinjau Harga Pasar dan Pemeriksaan Hewan Kurban

Dedi S - Jumat, 14 Juni 2024 17:00 WIB
Jelang Idul Adha, Pemkab Sergai Tinjau Harga Pasar dan Pemeriksaan Hewan Kurban
Yusnar
Pemkab Sergai melakukan pengecekan harga di pasar
bulat.co.id -SERGAI I Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) telah menyelenggarakan sidak harga pasar dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada Jumat, 14 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Bupati Sergai yang diwakili oleh Pj Sekda Rusmiani Purba, SP, M.Si melakukan sidak pasar dengan meninjau harga komoditas di Pasar Sei Rampah seperti cabai, daging sapi, daging ayam, telur, sayur-sayuran, dan lainnya.

Rusmiani Purba menjelaskan bahwa kegiatan sidak pasar ini merupakan salah satu upaya Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Sergai untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi dengan harga yang terjangkau, serta menjaga stabilitas ekonomi menjelang Idul Adha 1445 H yang akan datang pada 17 Juni 2024.

"Dari hasil tinjauan hari ini, harga-harga bahan pokok di Pasar Sei Rampah cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan. Kita berharap bahwa kebutuhan masyarakat akan sembako terpenuhi dan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga pelaksanaan Idul Adha berjalan lancar," ujarnya.

Setelah melakukan peninjauan pasar, Pj Sekdakab Rusmiani Purba menghadiri pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang berlokasi di Dusun V, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Kegiatan ini sebagai wujud pengawasan oleh pemerintah daerah dalam memastikan kesehatan dari hewan yang akan dikurbankan.

Dirinya menjelaskan bahwa kondisi hewan kurban yang berada di kandang harus diperiksa oleh tim kesehatan hewan melalui Dinas Ketahanan Pangan Sergai. Hasilnya menunjukkan bahwa hewan tersebut dalam kondisi sehat, tidak terjangkit penyakit dan layak untuk dikonsumsi.

"Sudah kita cek langsung bersama dengan tim kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan. Kita memeriksa mulai dari umur hewan, kondisi fisiknya dan memastikan bahwa hewan kurban ini tidak terjangkit penyakit seperti PMK dan Antraks," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa semua hewan kurban yang telah lolos uji akan mendapat surat keterangan kesehatan hewan sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi.

"Semua hewan yang lolos uji akan mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi," tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum, Ir. Kamaruddin, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan drh. Andarias Ginting, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan, Kamaluddin MMA, dan Kabag Perekonomian Setdakab, Riris Ambarita SE.




Penulis
: Yusnar
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru