Harga CPO Naik Tajam di Pekan Ini Meski Tertahan oleh Pelemahan US Dolar

Dedi S - Sabtu, 21 September 2024 10:00 WIB
Harga CPO Naik Tajam di Pekan Ini Meski Tertahan oleh Pelemahan US Dolar
Int
bulat.co.id -MEDAN I Terjadi kenaikan yang signifikan pada harga CPO di pekan ini. Transaksi CPO yang dimulai dari 3.760 ringgit per ton pada tanggal 17 september telah meningkat dan saat ini mencapai 3.950 ringgit per ton.

Kenaikan ini berhasil membawa pemulihan harga lelang CPO di Sumatera Utara di mana harga lelang pada hari Jumat berada pada kisaran 13.400 per Kg.

Kenaikan harga CPO pada pekan ini dipicu oleh membaiknya harga minyak nabati pesaing CPO.

Selain itu, kabar bahwa pemerintah akan menerapkan tarif yang lebih rendah untuk produk hasil kelapa sawit serta proyeksi kenaikan harga minyak mentah dunia turut membantu kenaikan harga CPO.

Namun, kinerja harga CPO tertahan oleh melemahnya mata uang US Dolar. Perkiraan adanya penguatan ringgit Malaysia dan Rupiah terhadap US Dolar juga mempengaruhi tren kenaikan harga CPO didunia.

Dengan adanya pengaruh negatif ini membuat harga CPO sulit naik mengikuti tren kenaikan.

Meskipun demikian, harga CPO masih diperkirakan akan naik di masa yang akan datang.

Berikutnya, harga CPO akan lebih banyak dipengaruhi oleh bagaimana harga minyak nabati pesaing CPO mempengaruhi harga CPO.

Namun, harga minyak pesaing CPO diproyeksikan juga akan terus naik, yang dipicu oleh memburuknya cuaca dan mengganggu sisi produksi.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru