63 Negara di Dunia Alami Masalah Hutang, Indonesia Salah Satunya

- Senin, 09 Januari 2023 15:59 WIB
63 Negara di Dunia Alami Masalah Hutang, Indonesia Salah Satunya
Istimewa
Sri Mulyani
bulat.co.id -Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan lebih dari 63 negara di dunia saat ini mengalami permasalahan utang yang tinggi. Kondisi itu diakui menyebabkan kemungkinan terjadinya krisis utang di berbagai negara.

"Di dalam statistik lebih dari 63 negara di dunia yang dalam kondisi utangnya mendekati atau sudah tidak sustainable," kata Sri Mulyani dalam acara CEO Banking Forum, Senin (9/1/2022), dilansir detikFinance.

Baca Juga:Pajak Karyawan Gaji Rp5 Juta Tak Ada Perubahan

Sri Mulyani mengatakan situasi itu perlu diwaspadai, apalagi dunia menghadapi gejolak dan ketidakpastian yang masih sangat tinggi. Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) sudah memperkirakan sepertiga negara di dunia mengalami resesi tahun ini.

"Jadi dunia tahun 2023 ini, pada saat harus menjinakkan inflasi dan dipaksa menaikkan suku bunga pada saat utangnya tinggi, pasti akan memberikan dampak tidak hanya resesi, tapi kemungkinan terjadinya di berbagai negara yang sekarang utangnya sangat tinggi mengalami kemungkinan debt crisis," tuturnya.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru