14 Ribu Beras Impor Masuk Indonesia

- Kamis, 22 Desember 2022 11:00 WIB
14 Ribu Beras Impor Masuk Indonesia
Istimewa
Beras impor masuk ke Indonesia.
Harga Beras Bakal Turun

Seiring dengan kedatangan beras impor, Perum Bulog meyakini harga beras akan turun. Iqbal, bilang dengan adanya impor beras dan pasokan CBP terpenuhi, maka harga beras di pasaran akan mengalami penurunan.

Hal itu juga menjadi tugas Bulog dalam menstabilkan harga beras saat mengalami kenaikan.

"Faktor psikologisnya begitu kita datangkan impor ada kepastian barang ada, Bulog punya barang dan tugas dari Bulog menyediakan itu sebagai cadangan beras pemerintah, jadi untuk cadangan," kata Iqbal.

Menurut Iqbal penurunan harga beras sudah terjadi di Pasar Induk. Tugas Bulog sebagai stabilisasi harga beras yang naik juga telah tertuang dalam Instruksi Presiden (INPRES) tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah.

Terbaru mengenai tugas Perum Bulog juga tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

"Dalam Inpres kewajiban, tugas bulog, satu menstabilkan harga di hulu menjaga kewajiban kita. Inpres nomor 5 itu bahwa pembelian secara nasional dilakukan oleh Bulog, itu menjadi tugas, kemudian menjaga stok 1 -1,25 juta ton," terangnya.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru