bulat.co.id - Oknum petugas lapangan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) cabang Pancurbatu diduga abai keselamatan.
Terbukti dari hasil kerja pemasangan MCB pada meteran pelanggan yang terdapat di Jalan Rotan II No 13 Perumnas Simalingkar.
MCB tersebut diduga dipasang asal jadi tanpa memperhatikan kerapian dan keselamatan pelanggan.
Irwansyah, pemilik rumah mengaku kecewa dengan kinerja PLN cabang Pancurbatu tersebut.
Menurutnya pemasangan MCB yang dilakukan Kamis (25/01/2024) pada meteran di tempat tinggalnya tersebut mengabaikan aspek keselamatan.
"Saya kecewa dengan kinerja petugas PLN di lapangan. MCB yang mereka pasang terkesan asal jadi, tanpa memperhatikan atau memikirkan keselamatan bagi pemilik rumah," katanya, Minggu (28/01/2024).
Saat dicek langsung, tampak memang MCB pada meteran tersebut tidak terpasang dengan benar.
MCB tersebut terlihat tergantung pada kabel dan tidak duduk atau terpasang pada dudukannya dengan benar.
Hal ini tentu membuat pemilik rumah khawatir.
Irwansyah pun meminta PLN cabang Pancurbatu untuk bertanggungjawab dan memperbaiki kembali posisiMCB pada meteran di rumahnya tersebut.
Namun, hingga Minggu (28/01), belum ada petugas PLN yang datang ke rumahnya untuk memperbaiki posisi MCB tersebut.
"Saya tunggu mereka untuk perbaiki, tapi sudah tiga hari ini tak juga datang. Saya juga harus kerja, jadi tak mungkin seharian harus di rumah," jelasnya.
Kini, Irwansyah masih terus berharap tanggungjawab dari pihak PT PLN khususnya cabang Pancurbatu untuk memperbaiki posisi atau dudukan MCB meteran di rumahnya.
Selain kecewa terhadap pemasangan yang tak sesuai, Irwansyah juga mengeluhkan hal lain.
Menurut Irwansyah, penggantian MCB tersebut dilakukan tanpa persetujuan darinya.
Posisi MCB pada meteran yang tidak presisi dengan dudukannya, Minggu (28/01/2024)."Diganti oleh orang PLN Pancurbatu tanpa seizin ataupun persetujuan dari pemilik rumah. Ini namanya semena-mena sama warga," katanya.
Sementara itu, Yasmir Lukman, Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa penggantian MCB pada meteran pelanggan adalah tanggungjawab atau kewenangan PT PLN.
Untuk itu, proses penggantian MCB hanya bisa dilakukan oleh petugas PT PLN.
Terkait dengan pemasangan MCB yang tidak presisi dengan dudukannya tersebut, Yasmir mangaku akan segera mengirim petugas untuk memperbaiki.