Beda Kopi Normal dan Kopi Decaf

- Minggu, 16 April 2023 11:00 WIB
Beda Kopi Normal dan Kopi Decaf
Istimewa

bulat.co.id - Kandungan kafein yang tinggi pada kopi membuat beberapa orang mulai beralih ke kopi decaf. Ternyata ini perbedaan antara kopi yang normal dan kopi decaf.

Minum kopi seolah menjadi gaya hidup yang sulit dilepaskan oleh sebagian besar orang. Tetapi kandungan kafeinnya yang tinggi seringkali membuat penikmatnya khawatir dengan efek samping yang bisa ditimbulkan.

Baca Juga: Diet Saat Berpuasa? Bisa Kok

Banyak juga penikmat kopi yang kini mulai beralih dengan mengonsumsi kopi decaf. Kopi decaf yang lebih rendah kafeinnya dinilai lebih sehat dan lebih aman untuk penikmat kopi.

Ternyata kopi yang normal dengan kopi decaf memiliki beberapa perbedaan selain kandungan kafeinnya. Agar tak keliru, simak perbedaan antara kopi normal dan kopi decaf ini.

Berikut ini 5 perbedaan kopi normal dan kopi decaf menurut Coffeenom:

1. Kadar kafein

Pada kopi normal sekalipun, kadar kafeinnya ditentukan dengan jenis biji kopi masing-masing. Sejauh ini kadar kafein tertinggi masih dimiliki oleh kopi robusta dibandingkan jenis kopi lainnya.

Decaf dikenal sebagai kopi yang rendah kadar kafeinnya bahkan ada yang mempercayai bahwa decaf mengandung nol kafein. Nyatanya, decaf tetap mengandung kadar kafein setidaknya 7 miligram per cangkir kopi.

Dilansir dari detikFood, Minggu (16/4/2023), sedangkan untuk kopi normal yang rendah kafeinnya bisa ditemukan pada kopi dengan jenis arabika. Kopi arabika cocok untuk penikmat kopi dengan kadar kafein yang tak terlalu tinggi tetapi tidak ingin decaf.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru