Alasan Air Zamzam Tak Pernah Kering Menurut Pakar

- Jumat, 07 April 2023 11:25 WIB
Alasan Air Zamzam Tak Pernah Kering Menurut Pakar
Istimewa

bulat.co.id - Air Zamzam tak pernah kering sejak pertama kali muncul di tengah gurun ribuan tahun silam. Kenapa bisa?

Air itu pertama kali muncul ketika Nabi Ismail yang masih bayi kehausan bersama ibunya, Siti Hajar, di tengah gurun. Sumur ini muncul ketika malaikat Jibril yang diutus Allah SWT mengentakkan kakinya ke tanah.

Baca Juga: Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Seketika muncullah air dari dalam tanah. Sumur tersebut lalu digunakan Siti Hajar untuk memberi minum Ismail, yang saat itu sedang ditinggal pergi ayahnya Nabi Ibrahim.

Menurut dokumen sejarah, kedatangan Nabi Ismail ke Mekkah terjadi pada 1910 SM. Itu artinya, sumur Zamzam sudah berusia sekitar 4.000 tahun menurut kalender Hijriah.

Berusia sedemikian lama, air di sumur Zamzam tak juga mengering. Profesor Geologi dan sumber Air di African Research Institute Abbas Sharaqi mengatakan "non-deplesi di geologi berarti airnya bisa diperbarui. Air tanah bisa diperbarui seperti dalam kasus air Zamzam, atau tidak bisa diperbarui," kata dia seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (7/3/2023).

Sharaqi lalu membandingkan air di sumur Zamzam dengan oasis Nubian yang terletak di Gurun Sebelah Barat. Menurut Sharaqi, oasis itu tidak dapat diperbarui. "Airnya tidak bisa memperbarui diri mereka sendiri selama bertahun-tahun," kata dia.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru